Layanan Cepat 

BANTUL FAMILY

E_mail : [email protected]

  Di Yogyakarta,banyak sekali kita temui para pngrajin seni tatah sungging atau sering kita sebut wayang kulit, di Kabupaten Bantul misalnya.Di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul, Setidaknya saat ini terdapat 25 pengrajin wayang kulit. Hal tersebut berdasarkan pengakuan, Suprih (57) satu diantara pengrajin wayang kulit di Gendeng. Gendeng,Bangunjiwo contohnya, memang sudah sejak lama dikenal menjadi penghasil wayang kulit berkualitas. Hingga saat ini masih mempertahankan cara membuat wayang sesuai dengan apa yang para pengrajin pelajari dari pendahulu kita.Memang Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat wayang.Rata-rata butuh waktu satu minggu untuk menyelesaikan pembuatan satu buah wayang. Biasanya kulit yang digunakan untuk membuat wayang adalah kulit kambing, sapi, dan kerbau.Tetapi wayang yang paling baik kualitasnya adalah yang menggunakan kulit kerbau. Membuat sebuah wayang dimulai dari kulit yang telah dikerok dari bulu-bulunya dan berwarna kuning keemasan atau oleh para pengrajin disebut kulit perkamen digambari dengan pola wayang yang ingin dibuat.Setelah dipola kemudian kulit ditatah untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan.

“Satelah proses natahnya selesai, kemudian wayang disungging atau diwarnai. Dalam proses pewarnaan ini yang paling penting adalah jangan menggunakan cat yang mengandung minyak, karena akan sulit menempel pada Proses terakhir dari pengerjaan pembuatan wayang tersebut adalah pemasangan “gapet” atau pegangan wayang yang biasanya terbuat dari tanduk kerbau.

Wayang dari Gendeng memang dikenal akan kualitasnya, maka tak heran dalang terkenal di Indonesia seperti Ki Hadi Sugito dan Ki Timbul memiliki wayang produksi Gendeng. Selain para dalang, saat ini yang banyak memesan wayang adalah mereka para kolektor.

 

 

 

Selain membuat wayang sesuai dengan pakem yang telah ada, para pengrajin di Gendeng saat ini juga memproduksi miniatur, dan suvenir berbentuk wayang seperti gantungan kunci. Souvenir dan miniatur tersebut juga dengan kualitas yang baik dan terbuat dari kulit asli. Untuk harga kerajinan yang dihasilkan para pengrajin di Gendeng tersebut sangat bervariasi.

  • Info Lebih Jelas Silahkan Hubungi Kontak Kami 
  • HP/WA :0878 3400 8320/0823 1451 6390/0896 3032 2565
  • CP : P Waridi/112906696980/F
LINK :